Tutorial Instalasi Aplikasi E RKAS 2019

Pengunaan DANA untuk sekolah selalu dipantau oleh pemerintah Pusat, hal ini bertujuan supaya DANA BOS digunakan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sekolah harus mengetahui dan memahaminya, mana kegiatan yang harus menggunakan Dana Bos dan Mana yang Tidak. Semua Kegiatan yang akan di laksanakan oleh sekolah Tercantum pada RKS dan yang terkait anggran tercantum pada RKAS yang telah dibuat dan disetujui oleh semua pihak pada saat awal tahun pelajaran. Atas dasar itulah, pemerintah mengeluarkan Aplikasi yang bernama E RKAS, supaya Antara Rencana yangdimasukan sesuai dengan pengeluaran sekolah.

untuk MOdul Instlasi E RKAS Download Di Sini
Untuk FAQ E RKAS Download Di sini

Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. Dengan sistem yang terdistribusi diharapkan berbagai pihak yang terlibat mampu berkoordinasi dengan baik. Capaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini adalah pelaporan, dimana setiap report yang dihasilkan sudah disesuaikan dengan format yang dikeluarkan pemerintah. Pada tahapan instalasi ini merupakan tahapan awal untuk memasang aplikasi RKAS pada komputer kita. Langkah yang pertama kita lakukan adalah mendownload aplikasinya di alamat : http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Adapun tutorialnya akan saya bahas dibawah ini :

  1. Setelah sekolah Download Aplikasi E RKAS, silahkan lakukan instalasi. Proses instalasi sangat mudah, tingal pilih Next dan Next sampai selesai.
  2. Setelah Proses instalasi selesai Pastika Anda SUDAH MEMILIKI KODE REGRISTRASI E RKAS yang di dapat dari Dinas Pendidikan Setempat. hal ini bertujuan, Awa Buka aplikasi E RKAS, anda diminta untuk melakukan Regristrasi.
  3. Form Aktivasi akan muncul ketika pertama kali aplikasi diinstall, tujuannya adalah agar aplikasi tidak sembarangan digunakan dan harus ada penanggungjawab aplikasi. Pada tahapan ini diwajibkan terkoneksi dengan internet, karena data aktivasi ini akan di cocokkan dengan data di dinas pendidikan. Berikut penjelasan masing-masing kolom inputan
  4. Kode Aktivasi(wajib diisi): kolom ini diisi dengan kode registrasi sekolah kita yang sudah diajukan ke dinas pendidikan. Kode ini setiap sekolah berbeda-beda. Untuk itu mintalah kode registrasi ke dinas pendidikan terkait.
  5. Nama (wajib diisi): kolom ini diisi oleh nama operator sekolah.
  6. Email (wajib diisi): kolom email ini wajib diisi karena alamat email ini akan digunakan untuk login kedalam aplikasi. Alamat email ini tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Supaya lebih aman, gunakanlah email sekolah, sehingga ketika terjadi pergantian pegawai atau operator tidak harus mengganti alamat emailnya.
  7. No Handphone : kolom ini diisi dengan nomor hendphone operator atau boleh dengan nomor telepon sekolah.
  8. Password (wajib diisi) : kolom ini harap diisi sebaik mungkin karena akan digunakan ketika login. Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui.
  9. Ulangi Password (wajib diisi): kolom ini untuk memastikan bahwa password kita sudah benar. g. Indikator terhubung ke server atau tidak. (wajib terhubung internet).

Jika Langkah yang anda lakukan benar, maka akan muncul Proses Regristrasi Berhasil, dan Aplikasi akan Menutup secara Otomatis.

Langkah selanjutnya adalah, Buka Aplikasi E RKASnya, tentunya sebelum mengerjakan, pastikan anda jika sebagai OPS, harus didampingi oleh bendahara BOS. karena beliaulah yang paham tentang alur keuangan sekolah anda. Dan Juga jangan lupa sediakan buku untuk Acuan pengisian anggaran. Sekali lagi usahakan dalam pengisian santai tapi pasti, karena ini terkait keuangan, dan di negara ini, masalah keuangan tidak sembarangan.

Jika Anda Kurang Jelas, dibawah ini saya lampirkan juga Modul Instalasi E RKAS dan Juga Tanya Jawab Masalah E RKAS.

  1. untuk MOdul Instlasi E RKAS Download Di Sini
  2. Untuk FAQ E RKAS Download Di sini

Lokasi DATABASE E RKAS dan Untuk memindahkan Aplikasi RKAS Ke Laptop lain.

Untuk memindahkan aplikasi RKAS sekolah dari suatu PC/Laptop ke PC/Laptop yang lain, maka langkah yang harus kita lakukan pertama adalah backup terlebih dahulu Database Lokal kemudian copy ke flashdisk. Baru kemudian install aplikasi RKAS Sekolah di PC/Laptop yang baru, kemudian timpakan Backup Database lokal yang tadi dicopykan. Berikut langkahlangkahnya :

  • Backup Database. – Klik Kanan pada menu windows, kemudian Buka windows explorer / File Explorer.
  • Kemudian Ketikan : %appdata% pada bagian direktorinya.
  • Kemudian klik enter, setelah itu buka folder berikut : \ArtTech\RKAS\.
  • File yang ditunjuk tanda panah itulah file database lokal. File itulah yang harus kita backup secara berkala dalam memori yang lebih aman.
  • Buka Laptop Lain, Instal Aplikasi E RKAS, Buka Folder yang sama seperti Laptop pertama tadi, kemudian PASTEKAN DATABASE pindahan dari laptop 1 ke laptop 2.
  • Setelah selesai baru kemudian jalankan aplikasinya. Maka secara otomatis aplikasi tidak akan meminta aktivasi dan user atau sekolah bisa langsung login ke aplikasi RKAS sesuai dengan username dan password pada Komputer sebelumnya.

Selamat Berjuang utnuk teman teman OPS dan Bendahara Sekolah, semoga apa yang kita kerjakan mendapatkan pahala. Amin Ya Robbalallamin Salam Satu Data.

Baca Juga :

1. Aplikasi Raport K13 Rev 2018

2. Aplikasi Ujian Android

3. Aplikasi Perangkat Pembelajaran dan Penilaian Lengkap K 13