Tips Sukses Prakerin 2017

Assalamualikum wr, wb.
halo anak anaku yang tercinta,
 bagaimana kondisikalian, saya harap semua baik baik saja ya. amin.
kali ini saya akan membahas tentang  PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) khususnya di SMK Dirgahayu Kedungadem Bojonegoro, selain sebagai syarat wajib buat Ujian Nasional yang harus dipenuhi oleh pelajar SMK juga sebagai tempat untuk mengenal dunia kerja yang sebenarnya (terutama prodi non-pendidikan) dan yang lebih penting adalah sebagai tempat belajar, mencari ilmu dan pengalaman. Disinilah kita dapat melihat penerapan riil dari teori -teori yang telah kita dapatkan sebelumnya.
Sekedar sharing bagi para pelajar yang ingin mengadakan  PRAKERIN,

berikut ini adalah 10 Tips Sukses Menghadapi PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) yang merupakan opini dari hasil pengamatan penulis sendiri.

1. Sebaiknya Anda menentukan target apa yang ingin Anda kuasai (sesuai bidang/jurusan), pengalaman apa saja yang bisa Anda peroleh, berapa lama Anda akan mengikuti  PRAKERIN, dan lain-lain. Pertimbangkan hal ini dengan baik, bila perlu mintalah petunjuk dari  senior atau pembimbing anda.

2. Cari informasi dan pelajari perusahaan/instansi tempat anda akan mengadakan PRAKERIN. Ini akan memudahkan Anda untuk menyesuaikan dengan lingkungan dimana tempat Anda akan bekerja.

3. Pelajari kembali. Setidaknya buka kembali buku-buku / modul mata jurusan yang berkaitan dengan bidang kajian tempat Anda akan mengadakan  PRAKERIN. Sehingga nantinya anda akan lebih mudah menemukan kaitan antara teori dan keadaan di lapangan. Bila perlu, catatlah pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan anda tanyakan.

4. Berinisiatif. Jangan pernah berpikir bahwa orang lain akan dengan sukarela mengajari Anda. Upayakan untuk aktif bertanya dan mempelajari hal-hal yang masih baru bagi Anda.

5. Membangun jaringan.Kesempatan  PRAKERIN juga dapat Anda pergunakan untuk menambah relasi dan berkenalan dengan orang-orang yang mungkin nantinya dapat membantu Anda. Oleh karena itu, usahakan bergaul dengan sebanyak mungkin orang.

6. Temukan polanya. Apa yang Anda lakukan selama kegiatan  PRAKERIN mungkin hanya secuil dari keseluruhan dinamika perusahaan/instansi tempat Anda bekerja. Jangan pernah puas dengan hal tersebut, tetapi berusahalah untuk memperoleh “gambaran besar”-nya. Kenali polanya dan budaya perusahaan tersebut.

7. Jangan lupa persiapkan mental untuk  PRAKERIN dan belajar, bukan untuk jalan-jalan terutama yang di  PRAKERIN diluar kota, bukan berarti tidak boleh refreshing lho, yang penting niat utamanya  PRAKERIN itu belajar.

8. Jaga Sikap dan Perilaku. Ini juga hal penting karena berhubungan dengan nama baik almamater yang kita pakai, menjaga sikap dan perilaku di tempat  PRAKERIN merupakan cerminan sikap seorang intelektual seperti : berpakaian rapi dan santun, sopan santun ketika masuk ke ruangan kerja, menyapa petugas dengan salam, bertanya disaat yang tepat, jangan bertanya disaat orang sedang sibuk, dan bertanyalah dengan pertanyaan selayaknya mahasiswa, dan hindari bergerombol, mengobrol atau bercanda di ruangan kerja karena dapat mengganggu petugas yang sedang bekerja disekitar kita.

9. Pelihara hubungan baik dengan unit kerja pendukung untuk laporan nanti, untuk menjaga sewaktu waktu kita memerlukan keterangan atau data pelengkap semisal dalam penyusunan Laporan PRAKERIN dan sebagainya.

10. Jangan lupa berdoa agar kegiatan  PRAKERIN anda bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Aamiin..

Itulah 10 Tips Sukses Menghadapi PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) dari saya..

saya berharap Prakerin SMK Dirgahayu Kedungadem di tahun 2017 ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan prosedur. Bagimana dengan diri anda.? Apa ada yang ingin menambahkan ? Sihlakan berkomentar di bawah ini 🙂

2 Comments on “Tips Sukses Prakerin 2017”

  1. Thanks for the new things you have disclosed in your blog post. One thing I would like to comment on is that FSBO interactions are built with time. By introducing yourself to owners the first weekend their FSBO is announced, ahead of the masses start out calling on Mon, you generate a good link. By mailing them tools, educational materials, free reports, and forms, you become the ally. Through a personal desire for them plus their scenario, you build a solid link that, oftentimes, pays off if the owners decide to go with an adviser they know and also trust — preferably you.
    xyzzy

    1. I also say many thanks, may we all be able to establish a good relationship, fill each other’s shortcomings. congratulations on joining my web. give input feedback that makes me more confident.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *