Pengumuman Hasil UNBK 2018 SMP/Mts, SMA/MA, SMK,

Assalamualikum Para sahabat Ku, Terkait hasil Ujian Nasional Baik Berbasis KOmputer atau Berbasis Kertas Pensil. Khususnya Tingkat SMK dimana SMK melaksanakan UNBK/UNKP pertama. maka Pengumuman Hasilnya juga yang pertama.

Berdasarkan Kabar yang saya dapat dari Kompas.com , Bahwa Bapak Menteri Pendiidkan Sudah Memutuskan dan mennetukan Tanggal tanggal penting terkait Pengumuman Hasil dari Ujian Untuk lebih Lengkapnya silahkan baca artikel di bawah ini

Tahun ini ujian nasional ( UN) yang diselenggarakan pemerintah telah diikuti 8,1 juta peserta. Sebanyak 78% menggunakan metode Ujian Nasional Berbasis Komputer ( UNBK). Angka ini meningkat 166% dari tahun sebelumnya. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menetapkan jadwal resmi pengumuman hasil UN. Untuk jenjang SMA/SMK atau sederajat akan diadakan serentak pada tanggal 2 Mei 2018. Sedangkan untuk jenjang SMP atau sederajat akan dilakukan pada 23 Mei 2018.

Berikut jadwal resmi pengumuman hasil UN 2018 :

  • Pengumuman UN jenjang SMA/SMK sederajat: 2 Mei 2018
  • Pengumuman UN jenjang SMP/MTs: 25 Mei 2018
  • Pengumuman UN Pendidikan Kesetaraan: 7 Juni 2018
  • Pengumuman UN Kesetaraan di Luar Negeri: 7 Juni 2018
  • Pengumuman UN Perbaikan: 4 Agustus 2018

Peserta UN terbesar tahun ini datang dari tingkat SMP yakni sebesar 4.296.557 peserta. Sedangkan dari tingkat SMA dan SMK masing-masing diikuti oleh 1.983.568 dan 1.485.302 peserta. Selain mengikuti Ujian Nasional, baik berbasis komputer maupun berbasis cetak, peserta dari tingkat SMP maupun SMA juga melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) yang jadwal pelaksanaannya diserahkan kepada pihak sekolah masing-masing. Materi USBN ini meliputi seluruh mata pelajaran di mana persentasi pembuatan soalnya sebagian besar, 75 – 80% diserahkan kepada pihak guru atau sekolah. Komposisi soal terdiri dari 90% pilihan ganda dan sisanya uraian. UN susulan bagi tingkat SMA/SMK telah dilakukan pada 17-18 April.

Sedangkan UN susulan bagi SMP dan sederjat akan digelar pada 8-9 Mei 2018. Jadwal UN Pendidikan Kesetaraan “program paket C” digelar pada 27-30 April dan 2 Mei. Sedangkan UN susulan bagi “program paket B dan C” akan dilaksanakan pada 11-14 Mei. Mengacu Permendikbud Nomor 4 Tahun 2018 Tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan dan Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah, hasil UN kini tidak lagi menjadi syarat mutlak dari kelulusan untuk tingkat SD, SMP maupun SMA.

Bagaimana kawan, semoga uraian di atas cukup jelas yha, Bagi Peserta Ujian, Tugas anda sekarang adalah berdoa dan berdoa. Semoga Nilai kalian semua bagus ya dan sesuai apa yang kalian inginkan. Amin.

Salam dari saya ANdre Dirgahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *