Langkah Langkah Simulasi dan UNBK 2018

Selamat Malam semua. Kali ini saya akan membagikan bagaimana langkah – langkah untuk persiapan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer)/ UBK (Ujian Berbasis Komputer). Dalam hal ini lebih konsen untuk anda yang mendapat tugas tambahan menjadi Proktor dan Teknisi UBK di sekolah ya. Terus untuk yang lain sekedar informasi saja, siapa tahu berguna.

Para Hadirin sekalian, dari 100 sekolah di Indonesia hampir 80 nya telah mengikuti UBK 2018, Syarat nya salah satunya mempunyai Cukup Sarpras untuk pelaksannaan UBK secara MANDIRI. DAn Untuk yang belum mampu membeli SARPRAS nya, sekolah bisa melakukan UBK di Sekolah lain. Atau Bisa DI Kata Menumpang.

Para PROTEK yang terhormat, jika Sekolah Anda atau anda sudah pernah menjalakan UBK Tahun Kemarin. Maka Postingan saya ini mungkin sudah Basi. Namun Bagi Sekolah/ Anda Baru Mau Melaksanakan UBK Tahun ini Tahun 2018. Maka Mungkin ini Sangat Berarti. Kenapa? Karena SUkses Tidaknya UBK Tahun 2018 ini, 80 % ada di Tangan PROTEK (Proktor dan Teknisi). Nah, Bagaimana? SIapkah anda Menjadi Protek di sekolah? jika siap, anda Patut mendapatkan PENGHARGAAN dari Kepala Sekolah Anda. Sebagai Orang Yang Pemberani, Pembela Kebenaran. hehe.

Oke semua, Jika Anda/ Sekolah anda baru pertama. maka yang harus anda lakukan adalah:

  1. Pastika data Di DAPODIKDASMEN khususnya Nama Siswa, TTL, Nama Ortu, Kurikulum, No SKHUN, No Ijasah, Nopes Jenjang Sebelumnya. Semua Sudah Terisi dan VALID. Jika Oke, Segera SInkron Dapodik sekolah anda
  2. Cek Data Di PDUN untuk memastikan, data dari DAPODIK anda sudah Masuk, Jika Anda BIngung, Silahkan Baca Artikel Ini. Cara Melihat Verval PDUN
  3. Jika Sudah Selesai dan Oke, Jangan Lupa Isi No urut Rombelnya di PDUN ya, dan jika sudah silahkan Download peserta (Formatnya. (dz)).
  4. Setelah itu silahkan Masuk di alamat Bio un untuk upload File DZ nya. Jika kurang jeas silahkan Klik artikel ini Cara Iisi BIO UN Sekolah
  5. Jika Sudah, Tugas terkahir adalah Mendowload DNS/ DCPU (Daftar Calon Peserta Ujian)

Tugas di Online Sudah Beres. Sekarang Langkah Ke Dua.

Masuk di alamat UBK Kemendikbud ini  Jika Sudah Maka anda di suruh ngisi data dari awal sampai akhir, untuk Tips Pengisiannya ada di Artikel Cara Isii Data UBK 2018. Jika Semua Sudah. sambil santai menugu Hari Simulasi Ke 2 Tiba. Namun sebelumnya ini adalah Jadwalnya Simulasi 2 tahun 2018 Silahkan di lihat.

dan setelah itu semua selesai dan yakin Beres, Tugas Kita Selanjutnya adalah, Pergi Ke Warung dan NGopi dulu. Setelah ngopi, silahkan Ke Lab KOmputer Sekolah (Jika Mandiri) dan Ke Lab Sekolah Yang di tumpangi (jika Menumpang di sekolah lain). silahkan perhatikan :

  1. Periksa Keadaan Komputer Server, Pastikan Jaringan (LAN) ada 2 Slot. Slot Pertama untuk Jaringan Online dan Slot Kedua Untuk Jaringan Offline ke Client (Komputer SIswa). Kurang Lebihnya Gambarnya Seperti ini : 
  2. Pastikan Juga Kabel Jaringan Terhubung dengan Client (client Harus Nyala)
  3. Setting IP Jaringan Sever yang Menuju Clent Scara Statis, Dan Untuk Jaringan Server menuju Online buat Otoomatis saja.
  4. Untuk Komputer Server, Pastikan Windowsnya AUTOUPDATE di Offkan, Setting DATE (tanggal dan Waktu) Pastikan Sama dengan Kehidupan Nyata.hehe.
  5. Instal VM atau yang sering di sebut Virtual Mesin ke Server, Ambil File VHD Simulasi 2 (yang di dapat dari Pelatihan Protek di Kab setempat. COPAS VHD Tersebut Ke Local Disk Anda. Pastikan Anda Punya HARDISK Eksternal. Kenapa? Karena VHD itu ukurannya 60 G (Kurang Lebihnya gitu)
  6. setelah Semua Oke, Silahkan Buka Aplikasi VM nya, (VM ini adalah sebuah Aplikasi yang menjalankan Windows di dalam Windows. Seeting Pengaturan VM anda, jika belum Paham silahkan Baca Artikel Cara Setting VHD UBK
  7. Jika Sudah, Silahkan Start VM nya, Pastikan Kode Sekoah (ID Sekolah Yang di dapat dari Web UBK sudah Betul) silahkan masukan Kodenya. dan Klik Submit. Jika Langkah anda benar maka akan ada tampilan Baru, yang mengatas namakan Sekolah anda.
  8. jika Benar, Silahkan Backup data dan Hapus data,
  9. Kemudian Silahkan Melakukan Sinkronisasi Data Simulasi/ Data UBK 2018
  10. JIKA SUdah SINKRON, TIDAK USAH HAPUS DATA lo yaa,,, jika iyaa,,, sekolah anda bisa bermaaslah. dan Anda sendiri yang repot.
  11. Sekarang, Kondisi Server sudah Oke, dan selanjutnya Kita Cek Kondisi KOmputer Client / atau Komputer yang dipakai Siswa.
  12. Silahkan Pasang Aplikasi XAMBROW di semua client, aplikasi ini bertugas sebagai, membuka Tampilan UBK di Google chrome, namun tampilannya PENUH, artinya kita tidak bisa minimize tampilan nya. Canggih Bukan? hehheee
  13. Jika Pada Komputer Client Langsung Keluar seperti ini
  14. Berarti ANDA SUKSES… heheheh Selamat yaa. Namun jika Tidak seperti gambar diatas kemungkinan
  • IP Client Belum Beres
  • Kabel Jaringan Error
  • Windows Client Error (curupt dari Virus) solusi Instal Ulang
  • NetFormWorx Minta Baru
  • Tidak ada Google Chromenya.

 

Jangan Lupa Baca Juga :
1. Aplikasi RPP K 13 revisi 2016

2. Aplikasi Ujian Online Android

3. Aplikasi Penilaian dan Raport K13

4. APlikasi E Learning

5. Aplikasi Absen Guru dan Karyawan Berbasis Barcode

Okee,,, Itu Langkah- langkah dari awal sampai pelaksanaan Persiapan Simulasi UBK dan UJIAN NASIONAL Berbasis KOMPUTER Tahun 2018 dari saya Andre Dirgahayu. Jika Artikel saya ada yang kurang jelas atau Kurang PAS, Silahkan Tambahkan di Kolom Komentar yaa, Maaf,semua ini kasrena pengalaman yang saya alamai selama 3 X menjadi PROTEK UBK.

Semoga Bermanfaat Kawan, Jangan Lupa LIKE dan Share ya.
Salam Hangat Dari Saya Andre Dirgahayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *