Cara Mudah dan Cepat Tarik PD Dapodik 2020

Selamat Malam Semua, Kali ini saya akan membahas Bagaimana cara Untuk Tarik PD (Peserta Didik) dapodik secara Online. Sebelumnya kita semua tahu, bahwa pada dapodik tahun kemarin, peserta didik baru tidak bisa di tambahkan secara manual, namun harus dilakukan secara online di alamat https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id

Oleh Karena itu, pada kesempatan ini akan saya jelaskan bagaimana cara mudah dan cepat untuk tarik peserta didik baru ke dalam aplikasi dapodik 2020. Namun anda harus tahu dan paham dulu alurnya. Ada pertanyaan, Apakah yang harus kita lakukan dulu, tarik PD, atau instal Aplikasi Dapodik dulu? jawaban dari pertanyaan ini adalah, keduanya bisa semua. lho, kenapa…?? Berikut Penjelasannya.:

LAGI VIRAL : SISWA CINTA GURU YANG CANTIK

  1. Alur pada penarikan PD adalah kita masuk pada halaman https://data.dikdasmen.kemdikbud.go.id menggunakan username dan password dapodik
  2. Kemudian Klik Kelola Sekolah
  3. Pada Tampilan baru, silahkan Klik Tab Peserta Didik dan pilih Tambah Peserta didik
  4. Pada Tahap ini, SILAHKAN Anda SIAPKAN Berkas PPDB Siswa Baru anda, dan alangkah lebih cepat lagi, Data Nominatif PPDB 2019/ 2020. Pada Menu Tambah Peserta didik, maka anda harus memilih dan mencari Nama siswa dan dari mana Asal siswa tersebut, baik dari alamat atau Sekolah sebelumnya.
  5. Nah pada tahap inilah akan ada pertanyaan, ROMBEL TUJUAN.
  6. Jangan pilih rombel/ abaikan saja.
  7. Lakukan untuk memilih siswa yang masuk di sekolah anda sesuai data anda dengan cara beri tanda (CENTANG) pada siswa baru anda, kemudian KLIK SIMPAN.
  8. Hasil Penarikan Data siswa baru masih tersimpan di server pusat, supaya bisa pindah di aplikasi dapodik anda, maka anda harus melakukan sinkron kembali, guna mengambil data siswa baru dari Server Pusat.
  9. Setelah data siswa baru masuk di dapodik sekolah, silahkan lanjutkan untuk menentukan ROMBEL nya. Untuk Rombel Kelas 2-6, 8-9, 11 dan 12 akan otomatis keluar jika kita melakukan pilihan menu aksi pada dapodik KENAIKAN KELAS, dan Untuk Rombel kelas 1, 7, dan 10 menambahkan Manual. Setelah Rombel Kelas BAru Terbuat silahkan Klik Anggota Rombel dan masukan Data Siswa BAru sesui dengan ROMBEL Barunya pengisiannya khususnya data rinci siswa baru, dsb.
  10. Untuk Anak Yang Mutasi/ pindahan/ PD diluar dapodik. Kelihatan MAsih Ada perbaikan, atau kemungkinan besar, siswa yang mutasi ke sekolah anda belum di keluarkan oleh sekolah sebelumnya. solusinya, silahkan hubungi sekolah siswa itu yang sebelumnya.
  11. setelah semua ter isi dan lakukan validasi tanpa ada tanda merah(peringatan). lakukan sinkron lagi.
  12. Jika semua sudah selesai, Cetak Surat Hasil Sinkron guna laporan ke kepala sekolah, bahwa tugas anda selesai. atau alangkah baiknya, sebelum lakukan sinkron, silahkan cek data kembali melalui download semua data dari dapodik berupa file excel. di cek kebenarannya. hal ini bertujuan untuk senjata OPS jika esok harinya ada masalah dengan data tersebut.

Untuk Lebih jelasnya silahkan anda perhatikan gambar di atas.

Oke Kawan Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga Pekerjaan dapodiknya lancar jaya. Selamat Bertugas, tetap semangat.