Cara Isi Dapodik 2020 Melalui Android

Selamat Malam para pembaca yang budiman. Malam ini akan saya bagikan tentang bagaimana cara isi dapodik melalui Android secara Offline. Jauh sebelum anda mengetahuinya, pastikan anda paham tentang jaringan komputer. Dimana hal ini tentang hubungan antara Server dan Client.

Hal ini saya buat dikarenakan pengisian data GTK pada Dapodik 2020 dan Pengisian Instrumen PMP Tahun 2019 yang harus dan hanya bisa dilakukan oleh Guru yang bersangkutan. Kenapa? Karena OPS tidak mempunyai kewenangan dan kewajiban untuk melakukannya. Oleh karena itu semua GTK/ PTK sudah memounyai Akun berupa username dan password untuk login ke Dua Apkikasi Tersebut. Sekarang bagaimana langkahnya. Supaya anda paham, mohon untuk dibaca dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat singkatnya. Hehehe.

  1. Pastikan Laptop/komputer yang anda pakai tersambung oleh WIFI. yang dimana Wifi ini nanti tersambung oleh android para GTK/PTK
  2. Silahkan Lihat IP addres pada Laptop/Komputer yang ada Dapodik/PMP nya. Dengan cara klik kanan Icon Wifi, Pilih Propertis, piluh Change adapter setting, Klik Ganda pada jaringan Wifi, dan Klim Propertis. Nanti akan Muncul No IP addresnya contoh 192.168.43.248
  3. Setelah tahu no IP nya silahkan Catat pada suatu kertas atau langsung berikan ke pada semua client.
  4. Perintahkan Semua Client untuk memastikan Androidnya terhubung pada Wifi yang sama dengan Laptop/ Komputer anda. Dimana Laptop/ Komputer yang ada Aplikasinya bertindak sebagai Server.
  5. Setelah clinet tersambung dengan wifi yang sama, Perintahkan untuk membuka Apkikasi Browser (google chrome nya)
  6. Masukan Alamat (IPAddrestadi:5774) Atau Contoh 192.168.43.248:5774
  7. Jika benar maka HP/ Android client akan muncul tampilan Dapodiknya.
  8. Silahkan perintahkan Clinet yaitu Guru dan Pegawai untuk melakukan login dengan username dan password yang dari App Dapodik.
  9. Selanjutnya OPS hanya memantau selayaknya Pengawas.
  10. Selamat mengerjakan.

LAGI VIRAL : SISWA CINTA GURU YANG CANTIK

Atau Lebih Jelas, Download Modul dan Videonya di SINI

Tampilan Login Dapodik

APLIKASI GURU MILENIA DOWNLOAD SEKARANG

Tampilan Dapodik di Android

Demikain Informasi terbaru kali ini, Supaya tugas Opertor dalam pengisian Info GTK dan Instrumen PMP besok lebih ringan. Karena peoatah mengatakan Berat sama di pikul dan ringan sama di jinjing. Dan bukan Berat dipikul sendiri, ringan dijinjing sendiri. Tetap semangat kawan, Semoga apa yang kita lakukan bermanfaat untuk bangsa indonesia, khususnya kita sebagai pahlawan dalam mencerdasakan kehidupan bangsa.