Cara Cepat Pengisian Instrumen PMP 2018

Selamat malam semua, salam AndreDirgahayu. Kali ini akan saya bahas tentang cara pengisian instrumen PMP 2018 dengan Cepat. Jika Cepat dalam pengisian berarti membutuhkan sebuah APlikasi Lagi? Jawabanya adalah Tidak ada aplikasi Tambahan. di karenakan Dapodikdasmen tidak mengeluarkan aplikasi lain selain PMP ini.

Pengertian-Jaringan-Komputer

Terus bagaimana caranya??

Caranya adalah memanfaatkan Lab KOmputer/ Laptop Guru yang bersangkutan untuk dijadikan dalam satu jaringan. Namanya jaringan berarti ada Client dan Server, berarti Laptop/ Komputer OPERATOR yang ada aplikasi Dapodikdasmen dan Aplikasi PMP WAJIB Di gunakan sebagai SERVER dan Laptop/Komputer guru yang lain di gunakan sebagai CLient. untuk langkahnya di bawah ini :

1

JIka Anda Memakai Jaringan Berupa WIFI:

  1. Pastikan Laptop/ Komputer Server (Laptop yang ada Dapodik dan PMP nya) terkoneksi pada Wifi
  2. Pada Laptop Server silahkan Setting IP Address nya (Contoh yang sebelumnya otomatis/ automatic Menjadi 192.168.100.99), Jika AAnda belum bisa Setting IP addres silahkan KLIK DI SINI
  3. Kemudian pada Komputer/Laptop Guru atau Siswa yang dinamakan CLIENT, pastikan juga tersambung pada Wifi Yang sama dengan Server .
  4. Jangan Lupa Setting juga IP Addresnya Contoh anda mempunyai 10 CLIENT ( berarti laptop 1 seeting IP menjadi 192.168.100. 101 , laptop 2 setting IP menjadi 192.168.100.102, dst sebanyak CLinet (Intinya antara Client IP nya jangan Samapi Sama ya.
  5. Jika Jaringan sudah Oke, Sekarang tugas Server adlaah membuka Aplikasi PMP nya. Setelah Terbuka Silahkan Lihat Alamat Di PMP di atas (pastikan Localhost:1745).
  6. Jika Benar, silahkan Buka Aplikasi Web di Client (Chrome, Mozila, dll) namun saran saya pakailah Chrome ya. Setelah terbuka Silahkan Masukan alamat 192.169.100.99:1745 dan tekan ENter. Pertanyaannya Kenapa Kok Beda alamatnya antara CLient dan Server. Tugas Clinet adalah sebagai sarana untuk membuka aplikasi PMP tersebut, dan semua yang di buka itu adalah milik SERVER. artinya jika data tersimpan dsb, maka otomatis sudah tersimpan di Server. Masalah alamat beda, Karena Server adalah Yang terinstal Aplikasi nya, maka alamatnya adalah Localhost, dan Karena Client hanya sebagai sarana, maka alamatnya adlaah IP Server tersebut. Bagaimana Jelaskan.
  7. Dan Jika sudah benar alamat yang anda masukan di Client maka akan tampil APlikasi PMP nya, silahkan Login sebagai Guru/ Siswa yang telah di tunjuk Oleh sekolah, JUmlah Kuisioner nya, Kepala Sekolah, Guru sebanyak 10 dan siswa sebanyak 15, Komite Sekolah, dan Pengawas Pembina Sekolah Anda.
  8. Jika sudah melakukan pengisian jangan lupa SImpan Ya..

Oke teman sekilah cara cepat pengisian APlikasi PMP 2018 tanpa bantua aplikasi yang lain, Saran saya JANGAN PAKAI APlikasi Lain selain Produksi DAPODIKDASMEN. Karena jika ada masalah di akhirnya, malah kita sendiri yang Report. Betul kan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *